Boemilangit’s Blog

Just another WordPress.com weblog

PHK terhadap 3 Karyawan Yamaha Pasuruan akibat mendirikan FSPMI

22 January 2008

PASURUAN – SURYA, Sekitar 250 buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dari berbagai daerah Jatim, memblokir Pasuruan Industrial Estate Rungkut (PIER) Pasuruan, Senin (21/1). Mereka menuntut agar sejumlah karyawan yang dipecat PT Yamaha Musical Product Indonesia (YMPI) segera dipekerjakan kembali.  Para karyawan tersebut beberapa waktu lalu dipecat karena mendirikan dan bergabung dalam FSPMI. Para aktivis FSPMI yakin pemecatan oleh perusahaan yang berinduk di Jepang itu melanggar undang-undang (UU) tentang Perburuhan.

Dengan mengendarai ratusan sepeda motor dan sebuah truk, sambil membawa atribut bertuliskan nada kecaman terhadap PT YMPI, massa buruh mendatangi Gedung Pemkab Pasuruan di Jl Hayam Wuruk. Mereka menuntut Bupati Pasuruan Jusbakir Aldjufri untuk memperingatkan disnakertran setempat yang dianggap membela PT YMPI terkait pemecatan tiga karyawan, yakni Haris, Khamim dan Wariyaji.

Ini bukan perselisihan buruh lagi tapi pelanggaran PT YMPI terhadap hak-hak karyawannya yang dipecat karena mendirikan FSPMI. Setahun lalu kami menggelar aksi di DPRD, dan disepakati pihak disnaker segera memfasilitasi, tapi ternyata menggantung akibat oknum dinas yang hanya memikir perut sendiri” teriak Cik Umar, Ketua DPW FSPMI Jatim, saat berorasi.

Menurut Umar dan kawan-kawan, pihak manapun dilarang menghalangi atau memaksa buruh membentuk atau tidak membentuk, menjadi anggota atau tidak menjadi anggota, kegiatan serikat pekerja/buruh, salah satunya dengan PHK. Sebab, hal itu melanggar Pasal 28 UU Nomor 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja. Ini bukan sebatas masalah buruh namun juga masalah harkat dan martabat bangsa yang diinjak sedemikian mudah oleh pengusaha. Apa artinya hubungan Indonesia-Jepang selama ini, jika mereka datang untuk menjadi Nippon model baru dengan penjajahannya terhadap buruh” tandas Jazuli, Ketua DPC FSPMI Pasuruan.

 Diajak Dialog

Demo yang digelar buruh itu mendapat respons dari pejabat di lingkungan Pemkab Pasuruan, yang menyilakan perwakilan buruh masuk untuk berdialog. Namun, saat mengetahui ang menerima bukan bupati, perwakilan demonstran menolak. Bahkan mereka sempat bersitegang dengan Kepala Bakesbang Linmas Sunarto yang disaksikan Asisten I M Soeharto.
Maaf, bupati ke Jakarta untuk urusan pembangunan jalan tol. Karenanya, dialog diwakilkan kepada bagian terkait” terang Sunarto.

Karena perundingan gagal, para demonstran keluar berombongan, menuju ke Gedung DPRD Kabupaten Pasuruan. Namun di sini aksi mereka juga tidak menghasilkan apa-apa, karena perwakilan disnakertrans yang dihadirkan dewan dianggap tidak mengerti masalah. Akhirnya mereka mendatangi kawasan industri PT PIER, yang didalamnya termasuk lokasi PT YMPI.

Karena kedatangan ratusan demonstran dihalang-halangi bagian keamanan PT PIER, sempat terjadi ketegangan. Massa mulai pulul 13.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB pun memblokir kawasan industri itu.

Massa ditemui wakil pihak manajemen PT PIER Sudarto, bukan manajemen PT YMPI. Pihak PT PIER berharap unjuk rasa dibubarkan karena dapat menghalangi proses produksi puluhan perusahaan dikawasan industri itu. Karena dihalangi bertemu manajemen PT YMPI, seminggu lagi kami akan menggalang aksi solidaritas dengan massa lebih besar” kata Ridwan Monoarfa, Ketua DPP FSPMI.

Menurut Ridwan, nanti bukan hanya PT YMPI saja yang bakal didatangi, tetapi juga konsul dan kedubes Jepang di Indonesia. “Biar mereka mengerti pengusahanya yang melanggar UU Perburuhan dan kesepakatan ILO

December 10, 2008 - Posted by | Kasus FSPMI

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: