Boemilangit’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Buruh PT KM Protes PHK Sepihak

 Thursday, 06 March 2008

 

Mojokerto – Surya-Merasa diperlakukan semena-mena, sebanyak 28 buruh PT Kreasi Maratindus (KM) di Desa Wonosari, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, mengadakan aksi demo selama hari berturut-turut sejak Sabtu (1/3). Mereka memprotes keras pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak yang menimpanya oleh manajemen perusahaan.  Terlebih, alasan manajemen perusahaan mem-PHK mereka sangat tidak masuk akal. Pabrik rotan untuk ekspor tersebut memecat mereka dengan alasan perusahaan sedang merugi. Padahal, di dalam pabrik masih ada sekitar 200 buruh yang masih bekerja hingga kini namun dengan status pekerja harian lepas (PHL). 

 Mereka sebenarnya sudah berkali-kali mendekati manajemen perusahaan agar PHK dibatalkan, namun sama sekali tidak mendapat tanggapan. Oleh karena itu, sejak lima hari lalu mereka mengadakan aksi demo secara damai dengan mendirikan tenda di depan pabrik.  Meski hanya dilakukan secara damai, namun aksi demo mereka menjadi perhatian masyarakat sekitar. Maklum, dalam aksi demo yang dilakukan mulai pagi hingga pukul 22.00 WIB tersebut beberapa buruh juga mengajak anak-anaknya. 

 Perselisihan perburuhan itu pernah difasilitasi Disnaker Kabupaten Mojokerto serta muspika setempat. Hasilnya, tanggal 8 Februari nanti akan diadakan musyawarah secara bipartit.  Mereka menuntut tiga hal kepada manajemen perusahan, di antaranya menuntut selisih upah 2006-2008 yang belum dibayarkan perusahaan. Harus ada penyelesaian secara tuntas soal PHK terhadap lima buruh PT KM yang menjadi pengurus PUK Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPMI). Selain itu, perusahaan harus mempekerjakan kembali 23 buruh yang terkena PHK. 

 ”Kalau dalam pertemuan bipartit nanti hasilnya ternyata tidak sesuai tuntutan pekerja, maka kami akan mengerahkan ribuan anggota SPMI se Mojokerto,” ancam Heru Subagyo, koordinator aksi SPMI Mojokerto, Rabu (5/3). 

 Sayangnya, hingga kini belum keterangan resmi dari manajemen PT KM terkait PHK tersebut. Saat wartawan akan mengkormasi pimpinan perusahaan, langsung dicegat petugas satpam.  “Pimpinan masih sibuk, jadi tidak bisa ditemui,” kata Dwiyanti, seorang Satpam PT KM.

December 10, 2008 - Posted by | Kasus FSPMI

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: